Penyakit Bisul

Artikel terkait : Penyakit Bisul

Bisul adalah suatu gejala gangguan pada kulit yang terjadi akibat infeksi secara tiba-tiba dengan karakteristik benjolan berwarna merah atau merah muda dengan disertai rasa sakit yang luar biasa. Diameter penyakit yang satu ini tidak terlalu besar namun akan berkembang dan bisa menimbulkan bengkak yang cukup parah. Mitos menyebutkan bahwa hal ini diakibatkan oleh ketidaksengajaan anggota badan dalam menggunakan bantal yang notabennya dipakai untuk kepala. Hal ini tidak sangku pautnya dan terbilang salah kaprah. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk mengupas apa penyakit bisul itu? Mari simak di bawah ini.

Gangguan pada kesehatan kulit ini diakibatkan karena bakteri Staphylococcus aureus yang menginfeksi salah satu atau lebih folikel pada bagian rambut. Bakteri ini tadinya mendiami permukaan kulit, namun karena adanya infeksi ia bisa masuk pada bagian kulit yang luka atau yang mengalami robekan. Nah, dalam beberapa hari, bisul akan membesar hampir seukuran bola golf yang terus berkembang hingga ujungya berwarna putih dan pada akhirnya pecah lalu mengeluarkan nanah.

Cara Mengobati Penyakit Bisul

penyakit bisul dan cara mengobatinya

Penyakit jenis ini akan menyerang pada bagian berambut karena area ini sering mengeluarkan keringat atau bergesekan. Tempat tersebut seperti pantat, wajah, ketiak, paha dan leher. Pada dasarnya bisul akan menghilang dalam hitungan hari, namun ada juga yang mencapai hitungan minggu dan bulanan.

Ada 4 cara mencegah dan mengobati penyakit bisul ini. Untuk mencegah infeksi supaya tidak menyebar yang diakibatkan oleh penyakit bisul ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :
  • Kompres atau basahi area bisul
    Gunakanlah washlap atau kain halus yang telah dibasahi sebelumnya dan letakan pada bagian yang terdapat bisul, usahakan dengan menggunakan air hangat. Lakukan tindakan ini selama kurang lebih 10 menit setiap 1 jam satu kali. Hal ini bertujuan agar mempercepat bisul pecah dan mengalirkan nanah.
    Cara mengatasi penyakit bisul: Tambahkan garam sekitar 1 sendok teh pada 1 liter air yang sedang mendidih, setelah itu biarkan suhunya menjadi dingin. Gunakan kain untuk mengoleskan ramuan air garam ini pada seluruh permukaan bisul. Hati-hati jangan sampai mengenai area kulit yang lainnya.
  • Cuci bisul
    Cucilah penyakit ini ekstra hati-hati sebanyak 2 atau sampai 3 kali dengan menggunakan sabun bersifat antibakteri. Pakai juga salep antibiotik dan tutup dengan menggunakan balutan kain.
  • Jangan menyentuhnya
    Hindari sentuhan terhadap bisul, karena akan mengakibatkan semakin menyebarnya infeksi. Anda juga jangan sekali-kali menusuk atau memijit-mijitnya.
  • Rajin cuci tangan
    Setelah anda mengobati bisul, segeralah untuk mencuci tangan anda dengan sabun antibakterik dan antiseptik. Selain tangan, kain atau handuk bekas melakukan perawatan yang berhubungan dengan bisul sebaiknya langsung dicuci.
Apabila penyakit ini tidak sembuh dalam dua minggu, terjadi pada tulang belakang, lipatan paha, terasa sakit sekali, kondisi wajah semakin memburuk dengan cepat lebih baik hubungi segera dokter kepercayaan anda, agar cepat ditangani dengan benar.

Itulah ulasan kesehatan mengenai penyakit bisul yang wajib anda ketahui, sehingga ketika anda orang di sekitar yang mengalami sakit ini anda dapat menularkan manfaatnya.

Terimakasih telah menyimak semua artikel di atas dan semoga bermanfaat.

Sampai Jumpa dan Salam
--- 4 Cara Mengobati Penyakit Bisul ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi