Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Artikel terkait : Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Buah srikaya juga dikenal dengan nama custard apple atau sugar apple khususnya bagi para pelaut. Rasa dari buah srikaya ini manis dan menyegarkan saat disantap. Tekstur dagingnya menyerupai buah sirsak dengan warna putih. Hanya yang membedakannya adalah rasa saja. Kulitnya seperti terlihat tempurung kura-kura dan melunak ketika buahnya sudah matang. Disamping keunggulan rasa yang dimilikinya, buah srikaya ternyata menyimpan beberapa khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat buah srikaya ini ? Mari kita bahas bersama-sama di bawah ini.

Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan

8 manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh

Srikaya adalah salah satu buah yang termasuk tanaman perdu yang dapat tumbuh di daerah dengan kondisi kering bahkan berbatu sekalipun. Cara menamamnya pun cenderung tidak terlalu sulit. Asalkan tananam ini tercukupi akan sinar matahari agar membantunya untuk tumbuh kembang secara maksimal. Tak heran jika ingin mendapatkan manfaat buah srikaya ini banyak orang yang sengaja menanamnya di pekarangan sekitar rumah mereka.

Selain dikonsumsi daging buahnya, srikaya memiliki manfaat mulai dari biji, kulit kayu, akar, hingga daunnya. Oleh karenanya manfaat buah srikaya sangat penting bagi kesehatan seluruh anggota badan. Dilihat dari segudang khasiatnya, saya akan membahas satu persatu apa saja yang dimiliki buah yang satu ini bagi tubuh kita.

Inilah manfaat buah srikaya yang bisa anda konsumsi tanpa satu bagian pun yang tidak dapat anda gunakan dari tanaman ini :
  • Mengatasi bisul dan borok
    Siapkan beberapa daun srikaya dan cuci sampai bersih. Selanjutnya tumbuk sampai halus dan campur dengan garam secukupnya. Setelah itu tempelkan ramuan ini pada bisul atau borok yang terdapat pada kulit anda. Diamkan selam beberapa saat dan balut menggunakan kain kasa. Gunakan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.
  • Memantangkan bisul
    Manfaat buah srikaya juga dapat anda peroleh dari bagian dagingnya. Giling lalu haluskan dan tambahkan dengan garam secukupnya. Tempel ramuan tersebut pada bisul agar cepat matang. Selanjutnya balut dengan menggunakan kain kasa.
  • Obat penenang alami
    Daun srikaya adalah salah satu obat alami untuk menenangkan atau membangunkan orang pingsan. Hasil tumbukkan daun srikaya dekatkan pada hidung sebagai aroma terapi yang memberikan efek tenang dan nyaman.
  • Membersihkan kutu di kepala
    Sediakan sekitar 10 biji buah dan daun dari srikaya. Selanjutnya campur dan haluskan dengan cara ditumbuk. Tambahkan minyak kelapa secukupnya dan aduk sampai merata. Tempelkan pada seluruh kulit kepala dan menutupnya dengan handuk. Diamkan selama kurang lebih 3 jam dan cuci kulit kepala anda hingga bersih. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan manfaat buah srikaya untuk rambut ini jangan sampai ramuan terkena pada bagian mata anda. Hal ini akan mengakibatkan mata anda mengalami peradangan dan iritasi.
  • Mengobati cacingan
    Mengobati sakit cacingan juga bisa dengan manfaat buah srikaya. Caranya bersihkan 15 helai daun srikaya. Rebus dengan air sebanyak 5 gelas air dan biarkan hanya tersisa 3 gelas saja. Biarkan suhunya dingin lalu saring. Minum ramuan obat cacing ini sebanyak 3 kali sehari.
  • Mengatasi gangguan pencernaan
    Hasil tumbukkan dari daun srikaya juga ampuh dalam mengobati dan mencegah gangguan saluran pencernaan. Campur dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan pada bagian perut.
  • Mengobati diare
    Manfaat buah srikaya juga dapat mengobati sakit diare. Ambil kulit batang buah srikaya secukupnya dan bersihkan. Potong dengan ukuran kecil dan rebus bersama air sebanyak 4 gelas. Tambahkan sedikit gula merah dan biarkan sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin dan disaring, ramuan berkhasiat ini dapat anda minum. Konsumsi 2 kali sehari.
  • Mengobati kudis
    Siapkan 15 helai daun srikaya, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya dicampur dengan kapur sirih secukupnya sembari diremas-remas dan barulah gosokkan pada kulit yang terkena kudis. Gunakanlah secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh kita. Terimakasih telah menyempatkan waktu luang untuk mengunjungi dan membaca salah satu artikel kesehatan yang satu ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda sekalian.

Terimakasih dan Sampai Jumpa
--- 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi