Manfaat Singkong Untuk Kecantikan

Artikel terkait : Manfaat Singkong Untuk Kecantikan

Singkong disebut juga sebagai ketela pohon atau ubi kayu ini merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang biasa dijadikan sebagai bahan utama makanan pokok terutama di wilayah timur Indonesia. Tak heran bagi masyarakat di wilayah timur singkong ditanam sebagai salah satu hasil perkebunan yang menguntungkan. Tidak hanya bisa dikonsumsi sendiri namun juga bisa dijual ke pasar atau tengkulak. Bukan hanya enak dan lezat dimakan, namun manfaat singkong juga bisa kita rasakan untuk memelihara kecantikan kulit kita. Apa saja yang dimiliki tanaman singkong ini untuk kulit kita ?

Memelihara kecantikan terkadang kita harus memilih untuk mengunjungi klinik kecantikan atau salon perawatan khusus wajah. Tarif harganya pun seringkali dipatok sangat mahal sehingga mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Disamping mahal, efek samping yang ditimbulkannya pun dikhawatirkan malah akan membahayakan bagi kesehatan kulit kita nantinya. Nah daripada memikirkan mahalnya pengobatan tersebut, alangkah baiknya anda mencoba untuk memperoleh manfaat singkong sebagai alternatif pilihan di dalam memelihara kecantikan anda. Bagaimana, anda tertarik ?

Manfaat Singkong Untuk Kecantikan Kulit


Dengan manfaatnya yang menyamai buah bengkoang, singkong tentu saja patut untuk anda gali khasiat alaminya. Berikut ini beberapa manfaat singkong untuk kecantikan kulit wajah anda.

Mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah
  1. Kupas kulit singkong dengan dibelah vertikal agar mudah melepaskan kulitnya. Kemudian bilas dan bersihkan dengan air hingga sisa-sisa tanah tidak lagi menempel pada permukaan singkong.
  2. Parut singkong hingga benar-benar halus, tambahkan air bila perlu.
  3. Bersihkan dahulu wajah anda dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan barulah ramuan masker singkong bisa anda aplikasikan pada seluruh permukaan wajah anda.
  4. Pastikan masker ini dioleskan secara merata pada area wajah.
  5. Tunggu hingga masker mengering. Selanjutnya bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori kulit tertutup kembali.
  6. Keringkan dengan menggunakan handuk halus.

Gunakan perawatan kulit alami ini setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Mengobati jerawat
  1. Pertama-tama kupas singkong kemudian diaprut.
  2. Setelah itu, peras hasil parutan tersebut agar sari singkong mudah didapat.
  3. Bersihkan kulit wajah anda. Oleskan hasil air perasan singkong pada seluruh permuakan kulit wajah anda.
  4. Biarkan hingga mengering.
  5. Selanjutnya bersihkan wajah anda dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut.
  6. Gunakanlah obat tradisional penghilang jerawat ini setiap hari sampai jerawatnya menghilang.

Hasil air perasan di atas selain bisa untuk mengobati jerawat, ia juga bermanfaat bagi kesehatan yakni sebagai obat untuk menyembuhkan luka secara alami dan efektif. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa memilih madu murni atau minyak zaitun sebagai bahan campuran bagi singkong yang berfungsi sebagai obat pelembab alami bagi kulit anda.

Singkong juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena bisa meningkatkan nafsu makan mereka. Sementara bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi singkong juga aman untuk disantap sebab kandungan gulanya rendah dan tinggi kalium.

Sebetulnya bukan hanya umbi singkong yang bisa kita manfaatkan sebagai media pengobatan alami dalam mencegah berbagai penyakit. Namun bagian daunnya pun ternyata ampuh mengobati penyakit reumatik, diare, dan sakit kepala. Untuk yang menderita diare, konsumsilah hasil air rebusan dari daun singkong hingga keadaan feses padat kembali.

Demikian artikel kesehatan mengenai manfaat singkong untuk kecantikan kulit. Kegunaan singkong ini bukan saja untuk kaum perempuan, melainkan juga baik digunakan bagi kaum pria. 

Terimakasih telah menyimak seluruh materi yang disampaikan diatas dan semoga menambah wawasan anda sekalian. 

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa
--- Manfaat Singkong Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi