Khasiat dan manfaat daun cincau bagi kesehatan

Artikel terkait : Khasiat dan manfaat daun cincau bagi kesehatan

Daun cincau memiliki khasiat yang melimpah bagi kesehatan tubuh kita. Terdapat 2 jenis yang bisa diperoleh sebagai obat atau minuman tradisional, diantaranya adalah cincau hijau yang diproses dari hasil olahan tanaman Cyclea barbata dan cincau hitam yang dihasilkan oleh tanaman Mesona palustris (cincau perdu Premna serratifolia). Bagi anda mungkin menyukai daun cincau ini diolah sebagai minuman segar es cincau. Manfaat daun cincau cocok untuk Anda peroleh dan Anda pilih sebagai minuman andalan bagi banyak kalangan untuk meredakan panas dalam atau cuaca panas di siang hari yang menyengat.

Kandungannya seperti fosfor dan kalsium banyak tersimpan di dalam daun cincau. Hal ini membuat daun jenis ini baik digunakan sebagai sumber makanan yang cocok saat menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Disamping itu daun cincau juga tinggi serat alami dan rendah kalori. Bagi yang sedang mengalami gangguan seperti sembelit, panas dalam, diare dan perut kembung bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi daun cincau.

Kandungan dan Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan


Serat yang terdapat pada daun ini berfungsi juga sebagai zat pembersih alami pada organ pencernaan. Manfaat daun cincau juga dipengaruhi oleh senyawa yang disebut dimetil kurin-1 dimetoidida. Senyawa ini bekerja mengendurkan otot-otot yang berada di dalam tubuh. Daun cincau juga diperkaya oleh kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin dan juga S,S-tetandrin yang berguna mencegah penyakit kanker ginjal, menurunkan hipertensi, dan anti peradangan.

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh daun cincau adalah sebagai berikut :
  • Fosfor 100 mg
  • Serat Makanan 6.23 g
  • Vitamin A 10.750 SI
  • Vitamin B1 80 mh
  • Vitamin C 17 mg
  • Protein: 6 g
  • Lemak 1 g
  • Karbohidrat 26 g
  • Kalsium 100 mg
  • Zat besi 3.3 mg
  • Energi: 122 kkal

Berikut khasiat dan manfaat daun cincau bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Mengobati sakit perut dan tekanan darah tinggi
    Caranya adalah dengan meremas daun cincau bersama air matang dan mennyaringnya agar mendapatkan ekstrak manfaat daun cincau. Diamkan hingga terlihat seperti agar-agar atau jeli. Anda dapat menambahkan santan ataupun gula sebelum mengkonsumsinya.
  2. Mengobati demam
    Seduh daun cincau ini dengan menggunakan air panas dan saring. Setelah dingin, minumlah ramuan penurun demam ini sekaligus sampai habis. Selain baik untuk menurunkan demam, manfaat daun cincau juga bisa untuk mengobati penyakit tumor ganas dan melemaskan otot-otot.
  3. Mengobati penyakit kanker
    Kandugan alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang terdapat pada manfaat daun cincau terbukti manjur dalam mengobati penyakit kanker ginjal dan sebagai zat anti peradangan.

Manfaat lain dari daun cincau juga memberikan efek perut menjadi lebih dingin dan nyaman. Selain itu daun cincau juga efektif memperlancara saluran pencernaan, mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan juga sebagai tanaman tradisional menurunkan demam tinggi.

Siapa yang tidak menyukai cincau ini, jika sudah diolh sedemikian rupa menjadi agar-agar atau jeli pasti akan semakin disukai oleh banyak orang termasuk anda. Karena dengan mengkonsumsinya lah kita dapat memperoleh manfaat daun cincau yang begitu melimpah bagi kesehatan seluruh tubuh kita.

Demikian info mengenai artikel kesehatan dalam judul khasiat dan manfaat daun cincau. Terimakasih anda telah menyisihkan waktu luang untuk membacanya. Semoga apa yang saya sampaikan di atas memberikan wawasan serta pengetahuan bagi anda sekalian khususnya yang sedang mencari berita terkait daun cincau. 

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa
--- 11 Kandungan dan 3 Manfaat Daun Cincau ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi