Daftar Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil

Artikel terkait : Daftar Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil

Sayuran ternyata menjadi makanan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dan gizinya terbukti sangat lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan seluruh anggota badan setiap hari. Sayuran sehat juga akan membuat seluruh sistem metabolisme mampu menjalankan fungsinya secara maksimal. Makanan yang banyak menggunakan sayuran tentu lebih sehat dan bisa mencegah resiko terkena beberapa penyakit yang akan membahayakan tubuh. Tanpa mengkonsumsi sayuran, tubuh kita akan menjadi kering seperti kekurangan cairan. Lebih parahnya lagi tubuh juga akan terserang penyakit panas dalam.

Kandungan nutrisi yang cukup lengkap, rupanya berguna juga untuk ibu hamil. Hal ini seakan menjadi jawaban dimana pada saat hamil, wanita membutuhkan asupan dari berbagai sumber makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang melimpah. Karena sayuran sehat menjadi sumber makanan penting bagi janin yang sedang dikandungnya. Maka sudah seharusnya bagi ibu hamil untuk menambahkan sayuran di dalam menu makanannya sehari-hari.

Daftar Sayuran Sehat Bagi Ibu Hamil

daftar sayuran sehat bagi bumil

Sayuran sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil umumnya adalah sayuran yang memiliki warna daun hijau tua. Beberapa penelitian membuktikan bahwa sayuran berdaun hijau tua menyimpan vitamin dan nutrisi yang tinggi. Brokoli dan bayam baik bagi ibu hamil karena termasuk ke dalam sayuran berdaun hijau tua. Daunnya yang hijau mengandung vitamin K, vitamin C, dan vitamin A. Bagi ibu hamil sangat penting untuk mendapatkan asam folat, konsumsi brokoli dan bayam bisa menjadi alternatif dalam mendapatkan senyawa luar biasa tersebut.

Sayuran sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ialah:
  • Daun Singkong
    Tidak hanya brokoli dan bayam, daun singkong juga memiliki warna daun hijau tua. Di dalam daun singkon terdapat kandungan zat antioksidan yang hebat dalam menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker dan tumor.
  • Daun Katuk
    Sayuran sehat lainnya adalah daun katuk. Jenis sayuran ini terbukti mujarab untuk melancarkan air susu ibu atau ASI. Hal ini juga seringkali digunakan pada setiap produk susu ibu hamil dan menyusui berbahan daun katuk.
  • Kedelai Jepang
    Jika anda mengira kedelai jenis ini termasuk kacang-kacangan, tentu hal ini tidak benar. Walaupun dilabeli dengan nama kedelai, namun kedelai Jepang atau edamame termasuk ke dalam kategori sayuran sehat. Ukuran dari kedelai Jepang ini sedikit lebih besar dibandingkan dengan kedelai lain pada umumnya. Di Jepang kedelai jenis ini biasa disajikan dalam bentuk sup dan cemilan.
    Kandungan kedelai Jepang diperkaya oleh kalium, fosfor, zat besi, mangan, vitamin K, magnesium, protein, vitamin C, dan riboflavin. Sehingga jenis sayuran sehat ini tepat jika diberikan kepada ibu hamil untuk dikonsumsi sebagai upaya dalam mempertahankan kesehatan janin yang dikandungnya. Protein di dalam kedelai Jepang juga bisa menggantikan protein yang terkandung di dalam ayam, ikan, protein hewani, dan daging.

Ibu hamil biasanya akan mengkonsumsi mutlivitamin atau suplemen makanan sebagai antisipasi dalam menjaga kesehatan dan menambah stamina agar tetap kuat menjalani prosesi kehamilan. Kebiasaan ini bisa digantikan dengan mengkonsumsi sayuran sehat yang sudah dibahas secara lengkap di atas.

Demikian daftar sayuran sehat untuk ibu hamil yang semoga menambah wawasan serta pengetahuan anda seputar kehamilan. Terimakasih telah mengunjungi artikel kesehatan ini dan menyempatkan waktu luang untuk membacanya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam menjaga kesehatan kandungan anda.

Sampai Jumpa dan Salam
--- 3 Sayuran Sehat Bagi Ibu Hamil ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi