Batuk

Artikel terkait : Batuk

Batuk merupakan reaksi otomatis yang sama halnya seperti kita pada saat sedang bernapas. Pada dasarnya batuk adalah cara tubuh untuk melindungi organ paru-paru dari iritan. Ketika terjadi penumpukan terhadap partikel lendir atau halus pada salah satu saluran atau bronkus, anda akan lebih mudah mengalami batuk agar saluran pernapasan menjadi normal kembali. Terjadinya batuk namun masih dalam jumlah wajar tergolong normal bahkan sehat, karena ini adalah cara untuk mempertahakan saluran pernapasan senantiasa bersih.

Penyebab seseorang batuk akibat adanya infeksi virus yang menyerang bagian atas mencakup jalan napas, hidung, dan sinus. Influenza (pilek dan flu) adalah salah satu contoh dari jenis infeksi ini. Kotak suara juga akan mengalami inflamasi akibat dari infeksi tersebut atau laringitis, sehingga menyebabkan serak dan terasa nyeri.

Gangguan ini terjadi karena iritasi pada tenggorokan yang diakibatkan oleh alirann lendir yang menuju tenggorok bagian belakang. Kondisi ini dikenal juga dengan aliran postnasal atau di belakang hidung. Batuk juga muncul secara bersamaan dengan gangguan penyakit kronis lainnya. Bila seseorang mengalami asam atau alergi, ia akan sering batuk seperti orang yang merokok. Faktor lingkungan seperti asap rokok, meteorologis, debu, asbut bisa memicu timbulnya batuk.

Cara Mengobati Batuk


Apa saja langkah yang harus ditempuh untuk mengobati batuk menetap :
  1. Minum banyak air
    Dengan minuam air dalam jumlah banyak akan membuat tenggorokan tetap bersih. Minuman yang dianjurkan untuk mengurangi batuk menetap ialah air putih atau jus, sedangkan kopi atau soda sebaiknya dihindari.
  2. Pakai pelembab udara
    Anda tidak akan menyadari jika udara di sekitar rumah anda kering, khususnya saat cuaca atau musim dingin. Udara kering inilah yang akan mengkibatkan tenggorokan menjadi kering saat mengalami pilek. Untuk mengatasi ini, gunakanlah pelembab udara agar pernapasan menjadi lebih mudah dan normal.
  3. Hisap tablet atau permen keras
    Permen dengan tekstur keras atau tablet hisap dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan yang dapat mencegah batuk apabila tenggorokan mulai kering ataupun terasa sakit.
  4. Madu
    Mengkonsumsi segelas madu murni akan membantu anda dalam mengurangi dan mengobati batuk menetap. Anda juga dapat menambahkan air lemon ke dalamnya. Madu juga dapat memperbaiki kualitas tidur anda pada malam hari. Tetapi jangan pernah sekalipun untuk memberikan madu ini kepada anak di bawah usia 1 tahun.
  5. Gunakan posisi tidur lebih tinggi
    Meninggikan posisi pada tempat tidur merupakan salah satu cara untuk mengobati batuk menetap yang anda alami. Tidurlah pada posisi kepala dengan ketinggian 10 hingga 15 cm, hal ini dilakukan apabila batuk anda diakibatkan karena adanya penumpukan asam lambung. Selain itu anda juga harus membiasakan untuk tidak mengkonsumsi makanan selama 2 atau 3 jam sebelum tidur.
  6. Hentikan penggunaan sirup obat batuk
    Hindari menggunakan obat batuk berupa sirup atau cairan, karena hal ini hanya membuang-buang uang anda saja. Ini juga tidak akan efektif bagi penyembuhan batuk anda.

Jika batuk yang anda alami lebih dari 2 atau 3 minggu lebih, ataupun disertai sesak napas, dahak berdahak, segeralah untuk menghubungi dokter. Karena untuk mengobati batuk kronis diperlukan evaluasi cermat dan serius. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak informasi seputar kesehatan pada kesempatan kali ini.

Sampai Jumpa dan Salam
--- Penyebab dan Cara Mengobati Batuk ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi