Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Artikel terkait : Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Ubi jalar adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan dasar olahan untuk membuat suatu makanan. Rasanya manis dan memiliki tektur lembut jika direbus atau dikukus. Ubi jalar juga bisa menjadi konsumsi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan ibu hamil serta menyusui. Manfaat ubi jalar yang satu ini banyak terkandung beberapa vitamin dan gizi sehingga keberadaanya sangat diperlukan bagi tubuh ibu hamil maupun menyusui. Nah, untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya akan memcoba memberikan informasi kesehatan mengenai ubi jalar bagi ibu hamil.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Ibu Hamil


Ubi jalar diperkaya oleh kandungn nutrisi serta zat yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil sehingga aman untuk dikonsumsi. Karena seperti diketahui bahwa wanita yang sedang hamil memiliki kebutuhan ekstra demi menjaga kesehatan tubuh dan juga janin yang sedang dikandungnya. Nah agar tubuh lebih kuat daya tahan tubuhnya, manfaat ubi jalar juga bisa diambil sebagai jalan untuk membantu meningkatkan kualitas tubuh si ibu dan calon bayi nantinya.

Sebenarnya banyak bahan-bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional atau ramuan berkhasiat agar ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan vitamin, gizi, dan nutrisinya setiap hari. Dan salah satunya adalah dengan mendapatkan manfaat ubi jalar ini.

Berikut manfaat ubi jalar yang baik bagi ibu hamil, diantaranya adalah :
  1. Kaya vitamin A
    Tidak ada yang menduga bahwa manfaat ubi jalar diperkaya oleh kandungan vitamin A. Sebuah jurnal dari American Pregnancy Association menuturkan bahwa ibu hamil membutuhkan vitamin A setiap harinya sekitar 700 mikrogram. Jika ubi jalar di sajikan dalam satu cangkir, vitamin yang terkandung sekitar 1.922 mikrgram. Ini hampir 3 kali lipat dari kebutuhan yang diperlukan bagi ibu hamil dalam satu harinya. Mengagumkan bukan !
  2. Tinggi kandungan serat alami
    Ibu hamil harus mendapatkan serat alami yang lebih banyak dibandingkan sebelum ia hamil. Maka dari itulah dengan mengkonsumsi ubi jalar, ibu hamil akan tercukupi kebutuhan akan serat karena ia banyak mengandung serat yang baik bagi sistem pencernaan di dalam tubuh. Serat berfungsi memperbaiki dan melancarkan saluran pencernaan.
  3. Kalium
    Alasan lain bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi manfaat ubi jalar adalah karena kebutuhan kalium sebanyak 4,7 gram. Sedangkan pasca melahirkan kebutuhannya akan meningkat sebanyak 5,1 gram. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi segelas ubi jalar, kalium yang ada di dalamnya berkisar 950 mikrogram. Jadi alasan ini memang sangat bagus untuk diterapkan kepada wanita hamil atau pun menyusui.
  4. Mengandung vitamin C dan zat besi
    Vitamin C berfungsi membantu penyerapan akan kandungan zat besi di dalam tubuh, sementara kandungan zat besi nya berguna bagi perkembangan janin selama masih berada di dalam kandungan. Karenanya selalu sediakan manfaat ubi jalar ini di dalam setiap menu makanan yang akan anda santap.
  5. Mengandung vitamin B6
    Kandungan vitamin B6 berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Begitu pun dengan tubuh ibu hamil. Vitamin ini juga mencegah terjadinya morning sickness atau nyeri di waktu pagi hari. Mengkonsumsi secangkir ubi jalar akan membantu anda mengatasi segala gejala penyakit yang berkaitan dengan kekurangan vitamin B6. Karena di dalam satu cangkir terdapat sekitar 0,6 miligram vitamin B6.

Demikianlah artikel kesehatan yang membahas tentang beberapa manfaat ubi jalar untuk ibu hamil dan menyusui. Begitu banyak manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh jenis ubi yang satu ini, ini artinya anda harus memberikan perhatian lebih terhadap penggunaan atau konsumsi akan tumbuhan sehat ini. 

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan bagi anda sekalian. Selamat mencoba mengkonsumsi ubi jalar dan tetap semangat menjaga kesehatan kandungan anda.

Terimakasih dan Salam
--- 5 Manfaat Ubi Jalar Bagi Ibu Hamil dan Menyusui ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi