Penyebab Penyakit Vertigo

Artikel terkait : Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebab Penyakit Vertigo - Disebabkan oleh virus, trauma yang terjadi pada otak, penurunan aliran darah, akibat pengaruh obat-obatan serta alkohol, migrain, dan juga dapat diakibatkan karena kasus epilepsi. Pada dasarnya vertigo tidak termasuk ke dalam kategori penyakit, tetapi gejala dimana kondisi seseorang disebabkan oleh beberapa faktor yang bervariasi. Nama vertigo diambil dari bahasa Yunani, yakni vetere yang berarti berputar.

Vertigo dapat berangsur dalam sekejap atau bahkan berlanjut hingga berhari-hari. Vertigo juga dapat disebabkan karena stress, namun banyak kasus terjadi mengatakan bahwa vertigo sebenarnya tidak diketahui penyebabnya sama sekali. Selain tidak diketahui penyebabnya, vertigo juga dapat dipicu pada saat melakukan perjalanan serta menggunakan kendaraan dijalan yang berliku.

Gejala Penyakit Vertigo

Penyebab penyakit vertigo dan bagaimana cara mencegah penyakit vertigo

Gejala yang pertama kali muncul adalah adanya gangguan pada keseimbangan tubuh, mual dan muntah, gerakan pada bola mata hingga telinga berdengung. Gejala ini seperti berputar pada saat memutar kepala dan berbaring yang dilakukan dengan cepat.

Bagi penderita penyakit vertigo atau migrain, disarankan untuk rutin melakukan olahraga serta melatih olah pernapasan dengan menghirup dalam-dalam pada saat terbangun di pagi hari. Dengan cara seperti ini akan memberikan perasaan tenang dan memacu oksigen lebih banyak ke paru-paru. Dalam rentang waktu yang cukup lama, cara tersebut mampu menambah kebugaran yang sangat bermanfaat bagi kepala sehingga tidak akan mengalami gangguan.

Namun akan lebih baik jika melakukan konsultasi sesering mungkin dengan dokter, karena gejala migrain atau vertigo sendiri mirip dengan penyakit stroke. Penderita vertigo juga dianjurkan untuk menghindari gerakan atau posisi yang dapat menyebabkan terjadinya vertigo.

Penyebab Penyakit Vertigo

Ada 4 hal yang kami peroleh mengenai penyebab penyakit vertigo. 4 penyebab penyakit vertigo ini adalah posisi tidur, gangguan penglihatan, gangguan sistem saraf dan faktor lainnya yang berhuungan dengan obat-obatan bahkan alkohol. Berikut adalah penjelasan singkatnya:
  1. Posisi Tidur
    Penggunaan bantal pada saat tidur memicu resiko terkena vertigo. Hal ini dapat dihindari jika pada saat penggunaan bantal tidak terlalu rendah atupun terlalu tinggi. Usahakan juga agar menghindari langsung berdiri dengan cepat pada saat anda bangun tidur.
  2. Gangguan Penglihatan
    Selain berfungsi sebagai indra penglihatan, mata juga berguna sebagai keseimbangan tubuh. Jika terjadi gangguan pada penglihatan dan keseimbangan pun terganggu, hal ini dapat menyebabkan munculnya vertigo.
  3. Gangguan Sistem
    Adanya gangguan sistem saraf pusat juga dapat menyebabkan munculnya vertigo. Gangguan ini terjadi diakibatkan oleh kerusakan leher, tumor, stroke, sclerosis.
  4. Faktor Lainnya
    Perasaan cemas, zat kimia yang mencemari lingkungan sekitar, pengaruh obat-obatan atau alkohol menjadi faktor lain yang menimbulkan penyakit vertigo. Selain itu keadaan ruangan yang tertutup dan terlalu panas juga bisa menjadi faktor lainnya.
Bagi anda yang saat ini menderita vertigo, dianjurkan agar menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit tersebut. Diantaranya adalah :
  • Jenis-jenis daging kecuali ikan air tawar
  • Buah durian, nangka, jengkol, dan juga pete
  • Kue dan selai seperti martabak, kue bolu, mentega, susu, dan keju
  • Masakan yang memakai bahan dasar santan kental
  • Nasi uduk, nasi kebuli, nasi ulam tau nasi jenis lainnya yang dicampur
  • Jeroan ayam, sapi, dan kambing atau lebih bagus tidak mengkonsumsinya
  • Minuman dingin dan minuman yang mengandung alkohol
Apabila Anda penderita penyakit vertigo ini, silakan Anda perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Juga jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, makan teratur dan istirahat yang cukup jauhi makanan atau minuman yang tidak baik untuk kesehatan.

Sekian artikel kesehatan mengenai penyebab penyakit vertigo yang bisa saya sampaikan untuk Anda. Saya akui kalau artikel ini memiliki banyak kesalahan. Oleh karena itu, saya meminta saran dan kritik yang membangun dan Anda semua.

Sebelum meninggalkan halaman ini, saya ingin sedikit mengulas tentang manfaat bengkoang yang sebelumnya saya tuliskan. Bengkoang yang selalu digunakan untuk maskeran ternyata memiliki khasiat yang bagus dalam mendinginkan kulit. Kulit yang dingin akan terlihat lebih sehat, tampak segar dan terasa lebih nyaman.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat
--- Makanan Yang Harus Dijauhi Penderita Penyakit Vertigo ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi