Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Artikel terkait : Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki perbedaan rasa dibandingkan dengan jenis umbi lainnya. Kandungan air di dalam bengkoang sangat tinggi, hampir 90 persen. Karena sebagian besar manfaat bengkoang adalah berasal dari air, sangat dianjurkan bagi seseorang yang menderita penyakit diabetes atau kencing manis untuk teratur mengkonsumsinya. Bengkoang juga baik bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Bengkoang mempunyai nama latin Pachyrhizus erosus dengan karateristik rasa manis dan segar. Rasa manisnya dipengaruhi oleh kandungan oligosakarida yang dikenal dengan inulin. Penyebarannya juga sudah sangat luas yakni di Amerika, Australia, Eropa dan Asia. Bengkoang juga diperkaya oleh beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Diantarnya adalah kalsium, zat besi, vitamin C, fosfor, karbohidrat, energi, lemak, protein, dan vitamin B1. Jika dilihat sesuai gramasinya sekitar 100 gram, kandungan bengkoang terdiri dari :
  • Vitamin B1 = 0,04 mg
  • Vitamin C = 20 mg
  • Karbohidrat = 12,8 gr
  • Kalsium = 15 mg
  • Fosfor = 18 mg
  • Energi = 55 kkal
  • Zat Besi = 1 mg
  • Protein = 1,4 gr
  • Lemak = 0,2 gr

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

7 manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh

Melalui keanekaragaman nutrisi yang dimiliki oleh bengkoang, beberapa kandungan tersebut bisa kita manfaatkannya untuk menjaga kesehatan seluruh anggota tubuh. Lalu, apa saja manfaat bengkoang yang konon terbukti ampuh mengawal kekebalan tubuh kita ?

Berikut ini adalah 7 manfaat bengkoang bagi kesehatan :
  1. Menurunkan produksi asam lambung berlebih
    Bengkoang memiliki sifat alkali yang berperan sebagai pendingin dan menyerap asam lambung lebih cepat serta maksimal. Seperti diketahui bila produksi asam lambung berlebih ini akan mengakibatkan sakit maag. Oleh sebab itu, konsumsilah secara rutin bengkoang ini.
  2. Mengobati sariawan
    Manfaat bengkoang juga sangat baik di dalam mengatasi sakit sariawan karena tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C pada bengkoang juga berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.
  3. Melancarkan saluran pencernaan
    Kandungan inulinnya berperan sebagai serat alami. Hal ini menyebabkan saluran pencernaan anda menjadi lebih baik dan lancar. Kandungan inulin ini akan meningkatkan kepadatan feses serta menambah frekuensi defekasi khususnya terhadap pengidap penyakit konstipasi.
  4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
    Untuk kesehatan tulang dan gigi, anda bisa mengkonsumsi manfaat bengkoang. Bengkoang terbukti mengandung kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan baik tulang maupun gigi. Tanda tubuh mengalami kekurangan fosfor adalah dengan menurunnya tingkat nafsu makan dan tubuh selalu lemah.
  5. Menurunkan efek menopause
    Efek menopause ditandai dengan penuaan, keriput, dan kerutan pada kulit yang seringkali dialami oleh wanita. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan kandungan fitoestrogen yang terdapat pada manfaat bengkoang. Mengkonsumsi fitoestrogen akan membuat kondisi kulit anda menjadi lebih sehat dan tampak awet muda.
  6. Mengobati sakit beri-beri
    Kekurangan vitamin B1 biasanya adalah penyebab utama seseorang menderita sakit beri-beri. Bengkoang juga diperkaya akan kandungan vitamin B1 sehingga bisa mengobati penyakit beri-beri secara efektif.
  7. Menghilangkan noda hitam di wajah
    Noda atau flek hitam pada wajah juga bisa dihilangkan dengan menggunakan masker bengkoang. Kandungan air yang dimilikinya akan membuat kulit wajah anda senantiasa segar. Selain itu, manfaat bengkoang juga dapat menghilangkan noda atau flek hitam yang terdapat pada wajah.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan. Metode atau pengobatan alami dengan bengkoang tergolong murah dan terjangkau bagi siapapun. Oleh sebab itu tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak mencoba manfaat dan khasiat dari bengkoang.

Terimakasih dan Semoga Bermanfaat
--- 7 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi