Penyakit Batu Ginjal

Artikel terkait : Penyakit Batu Ginjal

Adalah salah satu penyakit yang terjadi karena endapan keras dan berbentuk kecil yang terdapat pada organ ginjal. Batu ini terbentuk akibat adanya kandungan garam asam dan mineral. Penyebab penyakit batu ginjal sebetulnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pada saat cairan urin berubah menjadi lebih pekat yang bisa saja mineral ini mengkristal dan kemudian menyatu. Jika batu ini dikeluarkan, maka si penderita akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Rasa sakit ini dimulai dari pinggang atau bahkan punggung, tepatnya pada bagian tulang rusuk kemudian pindah pada perut bagian bawah serta lipatan paha.

Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal


Batu ginjal juga akan menimbulkan efek rasa nyeri terutama saat berpindah menuju saluran kemih. Salah satu faktor yang umum terjadi adalah faktor genetika. Dengan kata lain penyakit batu ginjal ini dapat disebabkan karena dari keluarga ataupun saudara anda yang dahulunya mengalami sakit semacam ini. Agar lebih jelas lagi, saya akan paparkan beberapa tanda atau gejala sakit batu ginjal ini muncul :
  1. Terdapat darah pada urine
  2. Nyeri diikuti oleh demam yang cukup tinggi
  3. Rasa sakit yang disertai mual atau muntah
  4. Rasa sakit yang sangat kuat sehingga untuk duduk pun anda merasa kurang nyaman.

Itulah ciri-ciri penyakit batu ginjal. Namun, anda juga harus mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan resiko penyakit ini terjadi. Berikut beberapa penyebab batu ginjal :
  • Dehidrasi yang tidak ditangani dengan cepat
  • Menjalankan diet dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, gula, dan natirum.
  • Kegemukan
  • Gangguan saluran pencernaan atau ketika melakukan pembedahan terjadi perubahan pada bagian pencernaan.
  • Gejala gangguan kesehatan tubuh yang lain seperti infeksi saluran kemih, hiperparatiroidisme, dan sakit encok.

Sebenarnya penyakit batu ginjal dapat kita atasi sejak dini agar kondisi tidak kian memburuk. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan mengkonsumsi air mineral yang idealnya sebanyak 2,5 liter air selama periode 24 jam. Hal ini juga akan bertujuan untuk meningkatkan pengeluaran urine dari dalam tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, urine akan berwarna jernih atau sedikit kuning terang. Langkah atau tidakan yang harus anda lakukan untuk membantu mencegah penyakit batu ginjal diantaranya :
  • Hindarilah jenis-jenis minuman atau makanan yang mengandung sirup jagung yang tinggi fruktosa.
  • Batasi asupan garam harian anda.
  • Hindarilah antasid dengan kandungan kalsium.
  • Dalam sehari, batasilah jumlah konsumsi terhadap daging unggas dan sapi sebanyak 4 hingga 6 ons per harinya.
  • Batasi pengkonsumsian terhadap produk susu.
  • Jangan berlebihan makan makanan yang mengandung oksalat seperti bayam, ubi jalar, bit, okra, rhubarb, coklat, dan beberapa produk kedelai lainnya.
  • Mengkonsumsi secangkir teh hijau atau teh hitam merupakan cara yang efektif untuk mengobati penyakit batu ginjal.
  • Jus lemon atau jus jeruk mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kalsium yang terdapat pada urine sehingga akan mencegah pula penyakit batu ginjal ini muncul.

Mengatasi penyakit batu ginjal memang tidak mudah namun kita juga jangan sampai menyerah untuk mencegah agar si penyakit ini muncul. Jika sudah semakin memburuk, tindakan yang harus dipilih adalah jalan operasi agar partikel seperti batu dapat dikeluarkan dari organ ginjal di dalam tubuh.

Tetap senantiasa jaga kesehatan anda jangan sampai lengah. Banyak aktifitas atau kegiatan positif yang bisa anda ikuti ketika mendapatkan waktu luang seperti olahraga ringan, fitnes, senam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel berjudul penyakit batu ginjal ini.

Sampai Jumpa dan Salam
--- Penyebab, Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal ---

Artikel Blog Si AkangYadi Yang Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, mohon untuk selalu menjaga etika ketika berkomentar. Terimakasih.

Copyright © 2015 Si AkangYadi